Thursday, October 3, 2013

Dear, God.


Ceritanya, di tahun 2012 ini Allah ngasih gue dan mama kesempatan lagi untuk ketemu dan kumpul sama keluarga gue yang tinggal di USA. Just fyi, gue anak ke-4 dari 5 bersaudara. Tiga kakak gue dan satu-satunya adik yang gue punya tinggal di USA semua. Papa udah meninggal di tahun 2008 lalu. Well, yang tinggal di Jakarta jadinya cuma gue dan mama. Ya, kami tinggal hanya berdua. Tinggal jauh pula dari sodara-sodara. Gue disini gak akan cerita tentang pegalaman gue selama liburan di USA, gue cuma mau cerita sedikit gimana kehidupan gue sekarang.

Satu persatu orang yang gue sayang pergi. Pertama kakak gue yang pertama milih untuk tinggal dan berumah tangga di USA. Disusul kakak gue yang ke-3 yang milih untuk nerusin kuliah disana. Selang beberapa tahun, tepatnya di tahun 2008, satu lagi orang yang gue sayang harus pergi. Tapi kali ini pergi untuk selamanya. Ya, papa meninggal di tahun 2008 karena sakit kanker paru-paru.

Gak berapa lama setelah papa meninggal, kakak gue yang ke-2 juga mutusin untuk tinggal dan berumah tangga di USA. Jujur, awalnya gue sempet kesel dan gak habis pikir kenapa kakak-kakak gue lebih milih untuk tinggal berjauhan sama mama dan disaat papa juga udah gak ada. Kenapa sih mereka gak stay di Indonesia aja? Papa kan udah gak ada loh, trus siapa yang jagain mama? Ya...tapi yaudahlah ya, mungkin itu udah keputusan yang terbaik juga buat mereka.

Dan.....di tahun 2011, adik gue, Ica, juga milih untuk ngelanjutin high school di USA. Ini nih, yang bener-bener bikin sedih. Di sisi lain, gue ngedukung keinginan adik gue karena mungkin itu juga bagus buat dia. Ya..tapi..di sisi lain..berat banget sebenernya buat gue ngelepas adik gue. Walaupun gue sering banget berantem sama dia, tapi gue sayang banget sama dia. Cuma dia yang kalo di rumah jadi temen ngobrol gue, temen jalan-jalan gue. Begitu juga buat mama. Diantara kelima anak mama, cuma Ica yang paling deket sama mama. Setelah papa meninggal, Ica yang nemenin mama tidur. Mama kalo tidur harus dikekepin sama Ica. Setelah Ica pindah tuh berasa banget sepinya.

Kadang gue suka mikir, kenapa sih waktu itu gue keukeuh banget milih untuk kuliah di UNPAD dimana gue juga harus tinggal jauhan sama mama. Kenapa sih Papa harus pergi secepet ini. Gue masih butuh Papa, Mama juga masih butuh Papa, semua anak-anak Papa masih butuh Papa. Kebanyakan ‘kenapa sih’ mulu ye gue. Dasar lemah. Ngeluh mulu.

Disaat gue satu-satunya anak mama yang bisa diandelin untuk nemenin dan jagain mama terus, gue malahan harus tinggal jauhan juga sama mama. Ini salah satu keputusan yang gue ambil yang masih sering gue sesalkan. Kalo gue kuliah di Jakarta kan gue bakalan selalu ada buat Mama. Setiap gue pulang ke Jakarta, mama tuh seneng banget. Yang biasanya mama jarang masak di rumah karena cuma sendirian di rumah, tapi kalo gue pulang mama selalu masak buat gue. Mama gak pernah marah sama gue, mama itu juga sosok sahabat buat gue, mama itu temen curhat tentang semuuuuaaa keluh kesah gue.

Itu alasan yang bikin gue harus menyempatkan pulang ke Jakarta setiap minggu. Terserah orang mau bilang apa. Mau bilang gue gak ada kerjaan kek tiap minggu pulang, apa kek. Just whatever. I don’t even care. Gue cuma mau nemenin mama. Cuma gue yang mama punya, disaat sodara-sodara dia gak bisa diandelin. Semakin kesini, gue udah gak nyeselin pilihan gue kuliah di UNPAD. Justru memotivasi gue biar cepet-cepet kelarin kuliah biar gak tinggal jauhan lagi sama mama.

Dari kisah hidup gue yang gak ngenakin dan gak sesuai dengan apa yang gue harapkan dan inginkan, gue masih bisa sangat bersyukur masih bisa hidup. Walaupun tinggal berjauhan, gue masih dikasih rejeki dan dikasih kesempatan sama Allah untuk ketemu dan kumpul sama keluarga gue. Gue masih bisa hidup berkecukupan. Gue masih bisa hidup layak, gue masih bisa makan enak, gue masih bisa melanjutkan pendidikan yang layak.

Tapiiii, tetep aja yang namanya manusia gak pernah ada puasnya. Kadang gue suka ngeluh sama Allah. Kenapa sih gue begini? Kenapa sih hidup orang lain lebih enak? Kenapa sih kok begini yaAllah? Kenapa sih? Kenapa? Sampai suatu saat gue pernah baca kata-kata yang intinya gini:

Disaat lo gak suka dan selalu mengeluh dengan kehidupan lo, ada orang lain yang ingin punya kehidupan kaya lo.

Sekarang, tinggal gimana caranya gue bisa manfaatin kehidupan gue sebaik-baiknya. Terdengar klise sih ya. Yaudahlah iyain aja ya haha. Setelah sekarang gue hanya tinggal berdua sama mama, gue harus jadi orang yang selalu bisa mama andalkan. Insya Allah gue akan selalu doain orang-orang yang bener-bener gue sayangin. Semoga Allah selalu jagain mereka dimanapun mereka berada. Well..... The most important thing in my life is my family. And the time when you reallIy miss them, it just feels so sad, and so bad. I’m just waiting for the time when me and my family get together again, and no longer live separately thousand miles away.

Menyeh deh lo, Vik.

Akhir kata nih, kalo kata Avenged Sevenfold:

“Dear God, the only thing I ask of you is to hold her when i’m not around, when i’m much too far away”
“...cause i’m lonely, and i’m tired...i’m missing you again...”

Buat mama, dan buat adik gue satu-satunya yang paling gue sayang. Cirambai T­_T

No comments:

Post a Comment